HOKI DAN KESEHATAN

PALMISTRI, FISIOGNOMI, SHIO, GRAFOLOGI, ZODIAK, HOROSKOP, TAHI LALAT, FRENOLOGI, NUMEROLOGI, FENGSHUI, BAZI, ZIWEI, ASTROLOGI

Hoki Berdasarkan Data Kelahiran

Posted by Fisiognomi pada 4 Maret 2010

Oleh: DJULIANTO SUSANTIO
(Pemerhati Seni Oriental, di Jakarta)

Saya lahir tanggal, bulan, tahun, dan jam sekian. Apa pekerjaan yang sesuai dan bagaimana peruntungan saya. Begitu tanya seorang calon sarjana dalam sebuah acara talk show di sebuah stasiun televisi.

Atau simak juga sebuah rubrik konsultasi di sebuah media cetak ibukota berikut, “Saya kelahiran sekian, saat ini sedang bingung karena dalam kehidupan saya ada dua laki-laki. Mana yang lebih cocok untuk saya”.

Jelas, di mata seorang pembaca nasib, peramal, konsultan feng shui, atau apapun namanya, data kelahiran begitu penting. Data yang sangat individual ini ternyata mampu mengungkapkan banyak hal, seperti kepribadian, peruntungan, hubungan kekeluargaan, dan masalah kehidupan lainnya.

Banyak bangsa sejak berabad-abad lampau, memanfaatkan data kelahiran untuk melihat potensi diri seseorang, baik untuk masa kini maupun untuk masa mendatang. Masyarakat kuno percaya, jika “bintang baik” dapat diperkirakan atau diketahui, maka kejadian penting seperti kelangsungan hidup dan kemakmuran akan berjalan dengan aman. Sebaliknya, jika datang “bintang buruk”, maka hal tersebut harus benar-benar dijauhi.

Dari berbagai bentuk peramalan melalui data kelahiran, beberapa di antaranya telah mencapai popularitas tinggi karena tingkat akurasinya. Dari peninggalan Tiongkok purba, orang mengenal Ba Zi dan Zi Wei Dou Shu (sering disingkat Zi Wei). Dari Yunani, orang mengenal Astrologi. Selain itu, orang mengenal Numerologi, yang tempat asalnya masih diperdebatkan.


Ba Zi

Seni ramalan Tiongkok yang paling populer adalah Ba Zi atau Delapan Karakter. Di dunia Barat, ramalan ini dikenal sebagai Empat Pilar. Perhitungan Ba Zi didasarkan pada dua segmen, yakni Batang Langit (lima elemen yin dan yang) dan Cabang Bumi (12 shio) dari data kelahiran (tanggal, bulan, tahun, dan jam, dengan catatan data jam tidak mutlak) sehingga membentuk delapan karakter. Yin adalah energi negatif, yang adalah energi positif, dan shio adalah lambang zodiak hewan.

Data kelahiran itu “diterjemahkan” menggunakan Kalender Hsia (kalender solar). Hasilnya digambarkan dalam bentuk lima elemen, yakni kayu, api, tanah, logam, dan air berikut energi yin dan yang. Setelah itu dicari pergerakan musim saat ybs lahir sesuai musim-musim yang ada di Tiongkok, yaitu semi, gugur, panas, dan dingin.

Misalkan seorang anak lahir pada 1 Maret 2003, maka dia mempunyai pilar hari (tanggal) air yin pada Batang Langit dan shio ayam pada Cabang Bumi. Berarti elemen dirinya adalah air yin atau air negatif. Kemudian bulan kelahirannya dilihat untuk mengetahui musim apa saat itu. Dari situ diketahui apakah dia air negatif yang lemah ataukah kuat.

Jika air negatif lemah, maka dia harus diperkuat dengan elemen air atau logam sesuai siklus menguntungkan. Jangan dengan api karena saling bertentangan. Sebaliknya, jika dia air negatif kuat, dia harus diperlemah dengan elemen api atau tanah sesuai siklus merugikan.

Hubungan antarelemen inilah yang dianalisis seorang ahli Ba Zi. Ditambah dengan adanya Periode Keberuntungan setiap sepuluh tahun, maka dapat diramalkan bilamana kejadian-kejadian baik dan buruk dari aspek hubungan keluarga, karakter, karir, usaha, kesehatan, kesejahteraan, dan masih banyak lagi.

Manfaat terbesar dari analisis Ba Zi adalah seseorang dapat menyelidiki potensi dan misteri yang melingkupinya. Melalui perhitungan Ba Zi pun dapat diketahui perputaran siklus nasib pada berbagai aspek penting kehidupan manusia. Dengan demikian, meskipun tidak mungkin menghindar dari berbagai masalah yang dihadapi, dia dapat memilih jalan atau langkah yang paling sesuai untuk meminimalisasi efek buruk yang bakal terjadi itu.


Zi Wei

Zi Wei disebut Ramalan Bintang Ungu. Seperti halnya Ba Zi, Zi Wei mempelajari tentang keberuntungan langit dan keberuntungan manusia. Menurut bangsa Tiongkok, manusia memiliki tiga keberuntungan, yakni keberuntungan langit, keberuntungan bumi, dan keberuntungan manusia. Jika keberuntungan langit atau keberuntungan manusianya jelek, maka hal itu bisa diperbaiki melalui keberuntungan bumi atau feng shui, yakni pengetahuan tentang tata letak bangunan dan interior.

Zi Wei juga mendasarkan analisisnya pada lima elemen yin-yang, konfigurasi bintang-bintang yang berjumlah lebih dari 100 dengan bintang utama Zi Wei, dan Kalender Imlek (kalender lunar).

Sebenarnya, keakuratan Zi Wei tidak kalah dengan Ba Zi. Bahkan, untuk hal-hal kecil dimana Ba Zi tidak mudah memberitahukannya, Zi Wei dapat mengisi kekurangan ini. Untuk mengetahui sifat, cinta, dan perkawinan Zi Wei dinilai memiliki kelebihan tersendiri.

Namun dalam perkembangannya, teknik-teknik peramalan Ba Zi menjadi lebih populer ketimbang Zi Wei karena dianggap lebih dinamis, logis, revolusioner, dan menantang. Bahkan, dari generasi ke generasi Ba Zi selalu disempurnakan. Konon, tingkat akurasi Ba Zi dan Zi Wei mencapai di atas 90 persen. Ini sangat tergantung kepiawaian sang analis.


Astrologi

Astrologi mudah dikenali lewat rubrik Bintang Anda, Ramalan Bintang, dsb pada berbagai media cetak. Astrologi populer cukup digemari orang awam, meskipun lebih bersifat hiburan. Dengan membagi karakter manusia menjadi 12 jenis kepribadian, dari Aries hingga Pisces, maka orang akan mengetahui kesehatan, karir, atau jodoh secara singkat.

Sesungguhnya, astrologi jauh lebih kompleks daripada itu karena astrologi populer hanya mendasarkan analisisnya pada pergerakan matahari. Astrologi yang menghiasi kolom-kolom horoskop pada media cetak itu tak lain hanyalah Astrologi Tanda Matahari.

Padahal, sudah merupakan kesepakatan bahwa selain matahari dan bulan (dalam astrologi dianggap sebagai planet), dikenal pula delapan planet lain, yakni Merkurius, Venus, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, dan Pluto. Dengan demikian ada 10 planet astrologi yang bergerak mengelilingi bumi dalam jangka waktu berbeda-beda.

Matahari, misalnya, mengelilingi ke-12 zodiak dalam waktu setahun atau singgah di setiap zodiak selama satu bulan. Namun Pluto membutuhkan waktu 248 tahun untuk mengelilingi ke-12 zodiak itu atau bermukim di setiap zodiak selama 13-32 tahun.

Tiap planet diyakini mempengaruhi kehidupan seseorang. Karena itu peta kelahiran seseorang harus diisi oleh ke-10 planet. Ketidakmunculan atau kemunculan planet pada tanda zodiak mempunyai arti tertentu. Begitu pula banyaknya planet yang hadir pada satu tanda zodiak. Astrologi modern lebih sering digunakan untuk menilai kepribadian dan potensi ketimbang meramal peristiwa khusus di masa mendatang.

Peta astrologi yang lengkap meliputi posisi relatif dari 10 planet, 12 rumah, dan 12 tanda zodiak. Semuanya digambar dalam bentuk lingkaran. Lingkaran kecil di tengah mewakili bumi, dikelilingi rumah-rumah yang diberi nomor 1-12. Peta itu dibangun dengan membagi tiap rumah sama besar, yakni 30 derajat.

Garis horisontal dibuat melintasi peta. Di bawah garis itu mulai dari kiri berputar berlawanan dengan arah jarum jam, terletak rumah 1-12. Garis potong pada rumah ke-1 selalu pada posisi ascendant, dikenal sebagai bintang pendamping.

Jika peta kelahiran sudah dapat ditentukan, maka tahap berikutnya adalah penganalisisan. Posisi planet dan rumah itulah yang menyebabkan setiap individu begitu unik. Jadi, misalnya, meskipun sama-sama berbintang Cancer, belum tentu antara dua individu mempunyai kesamaan sifat. Bisa saja yang satu memiliki Mars di tanda zodiak Aries dan rumah ke-3, satunya lagi memiliki Mars di tanda zodiak Gemini dan rumah ke-9.


Numerologi

Numerologi dianggap sebagai bentuk tertua dari ilmu nujum. Sulit untuk melacak asal mula numerologi. Namun berbagai masyarakat kuno seperti Babylonia dan Mesir sudah mengenal teori nujum dengan angka-angka.

Meskipun ada beberapa variasi antara sistem numerologi di berbagai negara, namun sebagian besar mendasarkan perhitungannya pada teori matematika Yunani. Pythagoras yang terkenal dengan rumus-rumus matematika percaya bahwa seluruh alam raya ini dihitung secara matematis. Semuanya pun dapat diekspresikan dengan angka-angka, termasuk huruf-huruf dalam nama, yang merupakan kunci alam raya ini.

Numerologi juga dikenal sebagai numeromancy atau arithomancy. Dasar numerologi merupakan kepercayaan bahwa angka-angka primer (1 hingga 9) mempunyai pengaruh terhadap segala segi kehidupan dan kepribadian seseorang. Karena itu setiap orang mempunyai angka nasib dan angka kepribadian masing-masing.

Sebagian ahli numerologi menyertakan pula angka sekunder 11, 12, 13, 22, dan 40. Biasanya angka sekunder hanya dihitung sebagai informasi tambahan atau untuk menambah dimensi pada penafsiran angka primer.

Ba Zi, Zi Wei, Astrologi, dan Numerologi dipercaya mampu menunjukkan hoki seseorang. Hanya cara meningkatkan hoki tergantung pada masing-masing individu. Ramalan, tentu saja penting untuk pegangan hidup. Terbukti acara atau rubrik sejenis di media cetak dan media elektronik tak pernah kunjung surut. Namun, baik buruknya nasib tentu saja bukan tergantung pada ramalan. Semuanya harus bertumpu pada diri kita sendiri. Artinya, kita harus rajin, ulet, berbuat baik, dsb.***

About these ads

60 Tanggapan to “Hoki Berdasarkan Data Kelahiran”

  1. SAYA LAHIR TGL 22 AGUSTUS 1975
    WARNA APA YANG COCOK UNTUK MENAMPILKAN SEBUAH TULISAN UTUK INFORMASI BISNIS

    TERIMA KASIH

  2. Febriandi said

    Lahir 23 February 1981 Zodiac Pisces Shio Ayam..hoki dan pekerjaan dimana ?

  3. rosa said

    25 oktober 1976..shio naga api, scorpio..
    Artinya apa ya??/
    ==sambil berdoa semoga yg baik :) ==

  4. Wawan said

    sy lahir 14-04-1981, apakah nasib sy beruntung, hoki lancar, apakah sy selamanya bernasib sial, dr kecil pendengaran sy mengalami cacau sebelah kiri, sy pernah usaha kelontong, tp sering di tipu

  5. agung said

    saya lahir 22/juni/1982. pekerjaan apa yg cocok buat saya?? angka hoki saya brapa dan bagaimana masa depan saya???

  6. sabar mulyono said

    saya lahir 17 maret 1969 kalo nggak salah angka kuanya 4 ya ? terus masuk elemen / unsur apa. pekerjaan apa yang cocok untuk saya. terima kasih.

  7. adi nugroho said

    saya lahir 10 maret 1990,kerja yang cocok apa

  8. RUBI said

    Saya lahir 16 Mei 1983 dan suami saya 01 Agustus 1980 , Rumah yang cocok itu menghadap kemana ?

  9. putra said

    25 mei 1986
    bgaiman hoki sya…

  10. sri widodo said

    Nama Saya Sri Widodo,lahir 20 maret 1986 (malam jmat kira-kira jam 11 malam Kira-kira bagaimana nasib saya kedepan, di bidang apa keberuntungan saya? trimakasih

  11. susan said

    Nama say susan, lahir Rabu Pon 9 April 1975. Ingin mencoba usaha salon,Suami lahir 17-9-1971 ingin mencoba usaha air minum isi ulang. Warna apakah yg cocok da utk salon dan logo air minum isi ulang suami sy saya supaya menarik dan mendatangkan hoki.Tempat usaha yg baik antara suami dan sy sebaiknya menjadi 1 atau terpisah bangunannya? Terima kasih.

  12. Kusuma said

    Mohon Bantuannya donk…mungkin Anda Sebagai perantara Tuhan dalam membantu saya…
    saya lahir pada Jam 07.00 pagi Tanggal 07 Februari 1987..
    terimakasih sebelumnya…..

    • Fisiognomi said

      Silakan klik ‘Primbon’ di bagian atas lalu pilih ‘Ramal Ba Zi’. Jawaban ini juga ditujukan untuk pembaca lain.

      • memey said

        ini cara mengetahui-na kya gmn ya??mis: sya lahir tgl 06 mei 1982,,bs mengetahui nasib sya brdasarkan tgl lahir dgn lht BA ZI gmn??bnr2 ga jls&ga ngerti

  13. feri hanafi said

    saya kelahiran 25 februari 1986, bagai mana perjalanan hoki saya? terimakaish yh,,

  14. heliluliyati said

    SAYA KELAHIRAN TGL 10 PEBRUARY 1982,
    TERMASUK SHIO APA..?
    HOKI DAN PEKERJAAN SAYA YANG COCOK HARUS YANG BAGAIMANA.?

    TERIMA KASIH

  15. Abdul said

    saya lahir 14 maret 1978, shio apa, jodoh,hoki dan bisnis yang cocok untuk saya.trimakasih

  16. harismanto said

    saya lahir 14 juli 1977 kamis kliwon. dan istri lahir 27 sept 1977. bagaimana kehidupan rumah tangga kami di tahun 2011 ini (kebahagiaan, harta/rezeki, dan kesehatan). trima kasih.

  17. erwin ahoy said

    nama saya erwin saya lahir hari selasa 18 mei 1993 pada pukul 06.35 Wib. apakah pekerjaan yang cocok dengan saya?, berapa usia saya yang pas untuk menikah? bagaimana peruntungan saya?

  18. […] Hoki Berdasarkan Data Kelahiran […]

  19. vivian said

    saya seorang wanita kelahiran:
    jam: 11:00 siang
    tggl:10
    bln: juni
    thn: 1986
    yang saya ingin tanyakan masa keberunngan saya, kira kira memasuki umur berapa peruntungan saya akan membaik?
    atau saya tidak punya banyak keberuntungan dalam hidup saya?
    tolong di jawab, termikasi sebelum nya.

  20. iksan said

    saya lahir 19 oktober 1997Artinya apa ya??/

  21. km adi said

    sy lahir 19 feb 1982.
    saya menginginkan diri sy supaya sukses dan bahagia. pekerjaan apa yg cocok buat saya?

  22. tika said

    sya lahir 12 juli 1995
    saya mnginginkan siapa jodoh saya.

  23. Siswanto said

    Saya lahir tgl 5 september 1993 kapan saya mendapatkan jodoh.
    Terima kasih

  24. Siswanto said

    Saya lahir hari minggu pahing.boyolali 5 september 1993
    ketemu jodohnya kapan ea. Sebelumnya terima kasih

  25. susi said

    hallo saya lahir 23 AGUSTUS 1975 bagaimana dengan pasangan 8 juni 1974…makasih

  26. Kasharli said

    saya lahir tgl 4 bln 4 thn 1979 warna dan angka berapa yg baik untuk suatu tujuan yg saya jalani??

  27. tannu sutrisna said

    Saya sedang mencari rumah, saya lahir hari rabu 16 desember 1987.. Kira2 kriteria rumah yg bagus yg seperti apa?

  28. ahmad fajrin said

    saya lahir tgl 1-oktober-1995 …
    angka berapa yang bagus buat saya ??? jawab ya

  29. rini said

    saya wanita lahir 6 agustus 1974, punya usaha salon , apa itu cocok untuk saya terimakasih

  30. rini said

    sy lhr jumat,25-09-1987 gmn dngn khidupan saya?

  31. Davy said

    Saya lahir tanggal 4 Desember 1996 . Pacar saya lahir pda tanggal 3 January 1997
    Kira-kira apakah masih pantas untuk di lanjutkan ke jenjang pernikahan ,

  32. meling o said

    koplak kabehh ??

  33. isnaeni kurniasih said

    saya lahir tgl 20 desember 1993,gaya rambut apa yang cocok untuk saya?

  34. Adi said

    Halo, saya kelahiran tanggal 28 maret 1974, karir atau bisnis apa yang cocok dg saya?
    apabila saya membuat logo usaha, apakah warna yang yang sesuai dg shio dan KUA saya?

    terima kasih

  35. ricky rudi cahyadi said

    SAYA LAHIR TGL 22 FEB 1980
    knp rezeki sy kaya ada yg menghalangi ?

  36. ricky rudi cahyadi said

    SAYA LAHIR TGL
    22 FEB 1980
    knp rezeky bwt sy kaya selalu ada yg menghalangi ?

  37. ricky rudi cahyadi said

    SAYA LAHIR TGL 22 FEB 1980
    knp setiap ada rezeki mau dtg, slalu g jadi.. kaya ada yg menghalangi rezeki saya ???

  38. ricky rudi cahyadi said

    Saya lahir tgl 22 februari 1980 knp tiap ada rezeki bwt saya selalu tdk jadi/gagal
    kaya ada yg menghalangi rezeki bwt saya ???

  39. mohamad marsadillah said

    Saya lahir 13 juni 1980…..hari kamis kliwon mohon di balas

  40. fefe said

    Saya kelahiran 25 maret 1986,,,biar usahaku lancar gimana ‎​Ƴɑ̤̥̈̊ caranya,,,

  41. Richo Hartoko said

    7 oktober 1995 ..
    Mau tau tentang kehidupan yang sejujurnya tentang diri saya ..
    Makasih ..

  42. arfah said

    halo……saya lahir pada tahun 1987 04 17.shio unsur dan pekerjaan yang paling cocok buat saya apa yah??
    saat ini saya bekerja di bidang kelautan(pelaut)..tolong penjelasanya.tks

  43. Anastasia said

    Siang… saya lahir tanggal 17 Februari 1980 pukul 21.17. Yang saya mau tanyakan mengapa saya selalu seperti mendapat penolakan dari lingkungan, misal : acara makan bareng dengan tamu yang asing bagi saya, tetapi kemudian mereka meninggalkan meja dengan berbagai alasan (misal : diajak oleh temannya ke meja lain/ada urusan lain). Saya pun ditolak oleh seorang pria karena saya kurang tinggi, padahal saya tidak pernah neko-neko dalam hidup dan rajin. Dari kecil pun, saya selalu dijauhi dan dimarahi oleh keluarga besar karena mereka tidak senang dengan ortu saya. Apakah memang nasib saya seperti itu ? Apakah bisa diubah ? Karena saya sudah berusaha dan sudah mengalami putus asa. Apa pekerjaan yang cocok untuk saya berwirausaha dan kapan saya bertemu jodoh untuk menikah ?Terima kasih sebelumnya.

  44. handri satrio said

    Asslmlkum…..

    Nama saya handri satrio,
    Tgl lahir saya 04 Desember 1990.
    Saya ingin tau tentang nasib, rezeki, Dan pruntungan saya kedepan nya sperti apa Dan gimana.. ,
    Saya juga brencana akan membuka suatu usaha (toko spare part motor + bengkel) dalam wktu dkat ini,
    Kira” gimna ya mbah?.

    O ya mbah…..,
    Saya sudah menjomblo hmpir 2thn lbih…
    Kira” kapan saya dpat jdoh???.

    Trimaksi Bnyak.

  45. Mei Mei said

    Salam…
    nama saya Melinda sari, biasa di sapa Mei mei.
    kelahiran 03 feb 1996
    kira” angka n warna apa yang hoki buat saya ?

  46. harmini said

    Saya 29 mei 1986.suami 26 juni1962 apakah cocok?

  47. Steven said

    saya lahir tanggal 07 07 1987
    bagaimana tentang karier saya?
    terima Kasih

  48. budi sutikno said

    Saya budi sutikno

    Saya lahir tgl 4 mei 1981 saya ingin bertanaya tentang rumah menghadap mana yang baik dan hoky dan pecahayaan yang baik

  49. Arifin said

    14/05/1995 Babi kayu, taurus.
    Karir, kesehatan, keuangan, peruntungan, percintaan?

  50. finti said

    saya lahir tanggal 16 februari 1995 bagaimana tentang peruntungan saya ?

  51. iyanesaja said

    Saya lahir tngl 28 januari 1993

    Apa yg hrus saya lakukan dlm hidup ni

  52. dharma said

    Saya darma lahir 30 mei 1986 pcr saya lhr 11 oktober 1989.apakah saya dgn pcr saya ini hubunganx lm?apakah hubungan saya dgn pcr bs smp pernikahan?kl bisa hubunganx smp mau memisahkan.

  53. Darmendra Ginting
    23 oktober 2014 at 01.29 am
    saya lahir 13-12-1982 saya ingin bertanya bagaimana tentang kesehatan,karir,keuangan dan keluarga saya…..
    dan pada senin 20 oktober 2014 jam 12.50 istri saya melahirkan anak saya yang ke 3 (laki-laki)….yang saya ingin tanyakan bagaimana tentang kehifupan anaj saya tersebut

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 102 pengikut lainnya.