HOKI DAN KESEHATAN

PALMISTRI, FISIOGNOMI, SHIO, GRAFOLOGI, ZODIAK, HOROSKOP, TAHI LALAT, FRENOLOGI, NUMEROLOGI, FENGSHUI, BAZI, ZIWEI, ASTROLOGI

Angka-angka Hoki

Posted by Fisiognomi pada 17 April 2010

Oleh: Djulianto Susantio

Perhelatan cabang olahraga multievent terbesar di dunia, Olimpiade Beijing, dibuka dengan resmi pada 8 Agustus 2008 pukul 8 malam. Bahkan ditambah embel-embel lebih 8 menit dan 8 detik. Tentu bukanlah tanpa alasan jika panitia memilih waktu tersebut yang kalau “diterjemahkan” menjadi 08-08-08 pukul 08:08:08. Jelas sekali, sederetan angka 8 terdapat di dalamnya.

Sejak lama memang masyarakat Tiongkok percaya bahwa 8 adalah angka hoki yang paling super. Karena itulah tentunya panitia mengharapkan keberuntungan yang super besar dari penyelenggaraan olimpiade kali ini. Merebut medali emas dan meraih laba finansial sebanyak-banyaknya, mungkin merupakan harapan yang paling ditunggu-tunggu. Dan ternyata memang benar, kontingen Tiongkok untuk pertama kalinya menjadi yang paling hebat sejagat raya. Selain merebut medali emas terbanyak, kontingen Tiongkok juga mengalahkan dua langganan jawara Olimpiade, yakni AS dan Rusia.

Di Tiongkok dan juga Taiwan, Hongkong, Singapura, serta negara yang memiliki etnis Tionghoa banyak, pemakaian angka 8 memang sangat populer. Konon dalam dialek Kanton, penyebutan angka 8 seperti phat yang bermakna “pertumbuhan yang makmur” atau kekayaan. Siapa sih orang yang tidak mau kaya?

Sering kali angka 8 digunakan untuk nomor mobil, nomor rekening bank, nomor kartu kredit, nomor rumah, nomor telepon, dan nomor-nomor lain yang dipandang penting buat pemiliknya. Untuk memperoleh “tuah”, biasanya angka 8 harus ada pada bagian akhir. Sangat baik bila berupa angka tunggal. Jika angka itu diawali dengan 6, 7, 8, dan 9, maka keberuntungan dianggap ganda.

Karena dianggap angka yang sangat menguntungkan, maka segelintir masyarakat Tionghoa berani membayar tinggi untuk memperoleh angka itu. Tahun 2002 lalu, misalnya, seorang taipan Hongkong pernah harus mengeluarkan jutaan dollar demi mendapatkan angka keramat itu untuk plat nomor mobilnya. Jelas, betapa angka 8 dianggap sebagai angka yang benar-benar keramat.

Tak urung, apartemen tingkat delapan ikut memperoleh dampaknya. Begitu pula ruang perkantoran atau fasilitas properti lainnya. Jangan heran kalau sejumlah pengembang sengaja memasang tarif lebih tinggi untuk hal-hal yang “berbau” 8.

Sulit dijelaskan secara ilmiah mengapa masyarakat Tionghoa sungguh percaya kepada angka 8. Mungkin karena alasan kepercayaan nenek moyang, tapi mungkin juga ada alasan psikologisnya.

Secara sadar atau tidak sadar, memang orang selalu berusaha mencari sesuatu agar memperoleh “nilai lebih”. Nilai tersebut mereka representasikan dalam angka. Alasan pemilihan angka 8 bisa digambarkan demikian.

Pertama, masyarakat Tionghoa selalu menghindari tiga angka di ujung. Karena itu dari sepuluh bilangan pertama (1 hingga 10), mereka meninggalkan angka 1, 2, dan 3. Jadi angka yang tersisa adalah 4, 5, 6, 7, 8, 9, dan 10.

Kedua, mereka juga menghindari angka ganjil karena dianggap angka sial. Dengan demikian yang tersisa adalah angka-angka genap 4, 6, 8, dan 10.

Ketiga, dari keempat angka itu yang dianggap paling bagus adalah angka 4 dan 8 karena merupakan kelipatan 2. Tentu kita tahu dalam matematika 4 adalah 2 pangkat 2 dan 8 adalah 2 pangkat 3.

Keempat, dari kedua angka itu yang lebih dekat ke tengah (dari 4 hingga 10) adalah 8. Maka 8 terus dianggap sebagai angka favorit hingga kini (Tong Sing, 2001).

Selain itu, menurut kalangan Tionghoa lainnya, angka 8 memiliki guratan garis yang tidak terputus. Ini dianggap merupakan simbolisasi rezeki yang sambung-menyambung tiada hentinya.

Angka 8 juga dipuja karena mewakili delapan dewa penjaga arah mata angin. Memang kenyataannya sampai sekarang masyarakat di segala penjuru dunia menggunakan delapan arah mata angin utama, yakni Utara, Barat Daya, Timur, Tenggara, Selatan, Timur Laut, Barat, dan Barat Laut. Sementara menurut numerologi Lo-shu dalam feng shui, 8 adalah angka kaya yang berarti kemakmuran di masa yang akan datang. Apalagi secara teori feng shui, tahun 2004 hingga 2023 termasuk dalam periode 8. Jadi kloplah kalau Olimpiade Beijing memiliki angka serba 8.

Sampai sekarang mitos angka 8 masih tetap populer. Coba saja Anda berbelanja di pasar swalayan, superstore, atau hypermall di negara-negara yang mayoritas warganya adalah etnis Tionghoa, maka harga-harga yang tertera selalu berakhiran angka 8, misalnya S$26,88 atau H$68,88. Pokoknya ada atau tidaknya uang kembalian, yang penting ada angka 8-nya.

Kita pun ikut-ikutan. Buktinya ada Densus 88 dan Restoran Chinese Food berlabel 68. Jangan heran, banyak warga masyarakat di negara kita—dan juga belahan bumi lain—yang memesan tanggal 8-8-8 sebagai hari akad nikah dan kelahiran putra-putri mereka. Terlebih saat itu jatuh pada hari Jumat yang dianggap hari baik. Menurut berita-berita di media cetak dan media elektronik, rumah bersalin, kantor urusan agama, dan catatan sipil pada 8-8-8 itu kebanjiran peminat. Jauh lebih banyak dari hari-hari biasanya.


Angka 9

Angka lain yang dipandang membawa hoki adalah 9. Kepercayaan akan tuah angka 9 banyak dianut masyarakat Indonesia. Coba saja perhatikan label-label harga pada pasar swalayan, perkulakan, dan sejenisnya. Boleh dikatakan, mereka tidak pernah memasang harga bulat, misalnya Rp 100.000. Agar terkesan murah, justru mereka mencantumkannya dengan Rp 99.900. Yang lebih istimewa, banyak pula yang melabeli barang dengan Rp 99.990. Deretan angka 9 seperti inilah yang dianggap membawa hoki.

Logikanya, dengan membayar Rp 100.000, si pembeli tidak mungkin meminta uang kembalian Rp 100 atau Rp 10. Bila diakumulasi selama setahun, misalnya, maka jumlah “tabungan” si penjual menjadi banyak. Ini tentu berkat hoki angka 9 itu.

Dalam astrologi Tiongkok, angka 9 yang merupakan angka tertinggi dari bilangan asli juga dianggap mewakili kemakmuran yang terus berlangsung sampai ke masa yang akan datang. Angka 9 juga menyimbolkan kesempurnaan langit dan bumi. Ini karena angka berapa pun yang dikalikan dengan 9, hasil akhirnya (jika dijadikan satu digit) tetap 9.

Perhatikan saja bilangan berikut: 6 x 9 = 54 (5 + 4 = 9) atau 127 x 9 = 1143 (1 + 1 + 4 + 3 = 9). Begitu pun sederetan angka yang banyak: 354.276 x 9 = 3.188.484 (3 + 1 + 8 + 8 + 4 + 4 = 36, lalu 3 + 6 = 9).

Dalam dialek Hokkian, 9 disebut kau. Bunyi kau mirip kao dalam bahasa Mandarin yang berarti “tinggi”. Dengan demikian orang mengharapkan rezeki tinggi dari angka ini. Di negara kita, angka 9 dianggap keramat oleh masyarakat Bali dan Islam. Ini tergambar dari adanya istilah nawahsanga, yaitu 8 dewa penjuru mata angin ditambah 1 dewa di pusat serta walisanga atau wali sembilan.

Angka 9 pun selalu dikaitkan dengan lubang kehidupan yang ada pada tubuh manusia, yakni mata (ada 2), telinga (2), lubang hidung (2), mulut (1), dubur (1), dan alat kelamin (1).

Angka hoki berikutnya adalah 7. Banyak pihak menghubungkan angka 7 dengan angka Tuhan karena jumlah hari ada 7. Konon, di akhirat ada langit lapis ke-7 dan pasti kita tahu kalau seluruh warna pelangi berjumlah 7.

Kepopuleran angka 7 semakin menjadi-jadi ketika orang yang sedang sakit kepala hampir selalu bilang, “gua lagi pusing 7 keliling” atau rayuan gombal yang mengatakan “demi cintaku, 7 lautan akan kuseberangi dan 7 gunung akan kudaki”. Ingat vitamin penambah tenaga, bukan? Namanya seven seas (7 lautan) atau orang kita sering menyebutnya minyak ikan.

Keunikan lain adalah bila dibentuk pecahan, maka unsur-unsur yang ada tetap sama. Coba simak pecahan-pecahan berikut:

* 1/7 = 0,142857
* 2/7 = 0,285714
* 3/7 = 0,428571
* 4/7 = 0,571428
* 5/7 = 0,714285
* 6/7 = 0,857142

Unsur-unsur yang sama tersebut adalah 1, 2, 4, 5, 7, dan 8. Uniknya lagi kalau angka-angka itu dijumlahkan, hasilnya adalah 27 (2 + 7 = 9).

Karena dianggap bertuah, maka angka 7 sering dipakai untuk semboyan atau slogan, seperti Sapta Prasetya Korpri, Sapta Pesona, atau Sapta Marga (Sapta = 7). Nah, percayakah Anda kepada angka-angka hoki 7, 8, dan 9 itu?


Angka 0

Bila guru matematika mengajukan pertanyaan begini, “Ibu memiliki 3 buah kue. Diberikan kepada adik 1 buah, lalu kepada kakak 2 buah. Berapa sisa kue ibu?” Pasti murid-murid menjawab, “Sisa kue ibu adalah 3 buah – 1 buah – 2 buah = 0 buah”.

Dari sini kita tahu apa arti bilangan 0. Dengan kata lain, bilangan 0 menyatakan “tidak ada”. Begitu pula, kalau nilai seorang murid adalah 0. Berarti dia tidak mendapat nilai apa-apa alias jeblok, kan?

Dalam matematika, bilangan 0 ternyata memiliki banyak makna. Bisa dilihat demikian, seberapa pun banyaknya bilangan 0, bila dijumlahkan hasilnya tetap 0. Ini contohnya: 0 + 0 + 0 + 0 + 0 + 0 + 0 = 0. Selain itu, bila bilangan 0 dibagi dengan bilangan berapa pun, hasil akhirnya juga tetap 0, misalnya 0 : 1, 0 : 10, 0 : 100, dst. Sama halnya dengan bilangan berapa pun yang dikalikan 0, hasilnya ya tetap 0. Coba saja hitung: (21 x 52) + (1392 + 2134) – (3000 : 12) x 0. Berapa hasilnya? Tanpa susah payah menghitung, pasti kita akan menjawab 0.

Namun rupanya ada sedikit kekecualian, bilangan berapa pun yang dibagi 0, hasilnya bukan 0 tetapi tak terhingga. Hal ini sudah menjadi patokan dalam matematika. Jelas, bilangan 0 mempunyai pengaruh sangat besar, bukan sekadar “tidak ada”.

Buat murid SD, memang bilangan 0 berarti “tidak ada”. Tapi bagi murid SMP, bilangan 0 bisa berarti “permulaan”. Contohnya dalam garis bilangan. Di sebelah kanan bilangan 0, garis bilangan berunsur positif (plus), misalnya 1, 2, 3, dst (tanda + tidak perlu ditulis). Sebaliknya, di sebelah kiri bilangan 0, bermakna negatif (minus), misalnya -1, -2, -3, dst.

Di dalam penghitungan matematika, bilangan 0 memang memainkan peranan sangat penting. Begitu juga di dalam komputer elektronik, fungsi 0 lebih besar lagi. Ini mengingat komputer elektronik menggunakan sistem biner atau sistem bilangan dengan dasar dua. Artinya, sistem ini hanya menggunakan dua angka, yakni 0 dan 1. Seluruh angkanya terbentuk dari kedua bilangan dasar itu.

Di dalam sistem ini, bilangan 100 dalam sistem desimal, harus ditulis 1100100. Memang terlalu rumit, tapi cara pencatatan bilangan sistem biner sangat berguna karena komputer elektronik tidak mempunyai tangan dan 10 jari. Dia hanya bisa mengenal dua macam keadaan, yaitu “berlistrik” (1) dan “tidak berlistrik” (0).

Namun, di dalam ilmu-ilmu lain, bilangan 0 bukan berarti “tidak ada”. Jika dikatakan suhunya adalah 0 derajat Celcius, tentu bukan berarti tidak ada suhunya. Dalam hal ini bilangan 0 menunjukkan titik beku es.

Uniknya, angka 0 tidak ditemukan dalam angka Romawi, berbeda dengan angka Arab seperti yang kita kenal sekarang, yakni dari 0 hingga 9. Angka Romawi hanya berjumlah 7 buah, yaitu I (mewakili 1), V (5), X (10), L (50), C (100), D (500), dan M (1000).

Pada abad ke-5, Sri Paus Romawi yang sangat konservatif menganggap angka Romawi sudah cukup untuk mencatat segala bilangan. Maka beliau melarang semua orang menggunakan angka 0.


DJULIANTO SUSANTIO
Pemerhati Seni Oriental, tinggal di Jakarta

About these ads

62 Tanggapan to “Angka-angka Hoki”

  1. lila said

    Jadi menurut fengsui apa sih arti dari angka2 itu !$

    • ferry said

      klu no 081377181488 gimn? baik/tidak?

      • Fisiognomi said

        Coba dijumlahkan sampai menghasilkan 1 digit, lalu lihat di numerologi. Kalau lihat buntutnya saja 88, itu pertanda rezeki bagus. Menurut kepercayaan Tionghoa, 8 adalah angka keberuntungan karena ditulis dengan tidak terputus.

      • ferry said

        tapi ada yang bilang, menurut feng sui semua digit no hp di jumlahkan, dan biasanya hasilnya dua digit. mana sih yg bener? penjumlahan dua digit no terakhir atau semua digit no hp tsb. tlg di balas.

      • Fisiognomi said

        Saya pernah lihat ada buku ttg nomor dari 00 sampai 99, dilihat 2 digit terakhir saja. Ada pendapat lain, angka2 tsb dijumlahkan hingga mendapat 1 digit

      • rintang wira said

        klo nomer 089672172154 bagus/tidak ?

  2. Ikhsan said

    Apakah nomer XL ni hoky pa tidak ?
    081938088688

    mohon jawabanx ya,klo bs jwbx krm ke nomer diatas ! Thx

    • Fisiognomi said

      Ada yg percaya, angka2 itu dijumlahkan sampai mendapatkan 1 digit, lalu lihat numerologi di blog ini. Di toko buku saya lihat ada buku ttg nomor2 hoki. Yg dihitung adalah 2 digit terakhir.

  3. DAVID said

    sayang sering bermain dengan angka angka brapa yg hoki buat saya zodiak saya taurus…? terus no ini hoki gak buat saya 081371800089

  4. edo banjarmasin said

    saya sudah tau angka 8 dan 9 angka hoki karna tertinggi dari semua angka. saya pernah baca Majalah Tren telekomonnication, masalah nomer Hand phone yang hoki.
    saya mau tanya angka hoki dihitung dari berapa digit yang benar dua digit atau empat digit??
    contoh nomer hp saya 08135**99000 (simpati) 0511-7*99000(flexy)menurut mas gimana bagus/hoki gak atau tidak bagus???? Mohon di Balas dijawab.

  5. JOHN LEWERISSA said

    terima kasih atas infonya

  6. hasan said

    Tulisan anda sangat bagus dan menarik sekali isinya. Saya orang jawa tapi cukup tertarik dengan dunia fengsui. Oh ya bos,apakah keberhasilan etnis tionghoa dalam bisnis juga karena adanya pemakaian fengsui atau bagaimana? Terima kasih jawabannya ya

    • Fisiognomi said

      Menurut saya yang utama adalah keberuntungan dan kerajinan. Percuma saja fengsui bagus tapi tidak beruntung dan tidak rajin. Etnis manapun sama.

  7. saya sering bermain dengan angka angka brapa yg hoki buat saya zodiak saya taurus…? terus no ini hoki gak buat saya 085366409991

  8. nto said

    menurut feng sui angka 13 angka sial gak..

    • Fisiognomi said

      umumnya di dunia timur dianggap kurang baik, misalnya tidak ada angka rumah dan hotel yang bernomor 13, biasanya diganti 12A atau 12B. buat masyarakat tionghoa angka 4 (1 + 3) juga dianggap kurang baik. namun banyak olahragawan bernomor pungung 13 mampu berprestasi dunia.

  9. ferry said

    gimana menurut bapak dengan no ini: 082168370180 baik buat saya apa tidak?

    • Fisiognomi said

      berarti bertanggung jawab, pemberani, tegas, dan banyak rezeki

      • ferry said

        pak tanggal lahir saya 28-02-1984, kalau di jumlahkan semua digit maka hasilnya=7. kalau boleh saya tau, berapa angka2 keberuntungan saya untuk no hp. tlg di bls ya pak? thank’s…

      • Fisiognomi said

        yg buntutnya 84 termasuk bagus

      • ferrry said

        tapi pak, menurut fengshui 4 artinya kan (mati,miskin atau susah) apa angka 84 itu baik buat no HP saya? ada angka yg lbh bagus lagi pak untuk kelahiran 28-02-1984?

  10. ferrry said

    napa gak di balas pertanyaan saya yang terakhir pak?

    • Fisiognomi said

      Maaf kepada para penanya, banyak pertanyaan belum dijawab. Hingga pertengahan April saya sibuk. Soalnya untuk menjawab pertanyaan2 itu perlu penghitungan, penggambaran, analisis, referensi, dsb. Ini yang membutuhkan waktu agak lama. Sementara pekerjaan utama saya adalah mencari nafkah dengan menulis dan menangani blog. Ini juga memerlukan kreativitas dan waktu. Mohon dimaklumi.

      • ferrry said

        pak saya punya 2 no hp: 082168370180 dan 082168370008 mana yg baik buat saya dengan kelahiran 28-02-1984? tlg di jawab ya pak?

      • ferrry said

        pak no. 082168370008 bagus gak untuk kelahiran 28-02-1984? tlg di jawab ya pak…?! makasih.

  11. 085782337899 hoki kan no ini?

  12. pk sy punya beberapa no hp mana yg paling hoki menurut bapak.misalnya no ini pk 082111256789 / 085882030405 / 085214101410 / 085215696969 /081906611112 /081912456784 / 082113335678 / mana yg paling hoki pk?

  13. rinaldo said

    saya sering bermain dengan angka angka brapa yg hoki buat saya zodiak saya taurus…? terus no ini hoki gak buat saya 082180000615

  14. ryan said

    pak kalo plat nomor kendaraan di bawah ini mana yang bagus / hoki

    6777
    6789
    2168
    5478
    6677
    6788
    6888

    atau ada saran ??

    mohon segera balas pak … mau saya pesan saran nya

  15. [...] Angka-angka Hoki [...]

  16. jonathan kurniawan said

    saya mau tanya apakah tanggal , bulan dan tahun lahir saya bagus ? saya lahir tanggal 10 bulan 12 tahun 19990 . dan nomor handphone saya 08989990974 .. apakah membawa hoki ???

  17. anto said

    kalau 085878792879 itu hokii apa kagak??

  18. Erni Berlianti said

    Bagaimana menurut bapak dengan no ini : 0813 86 8888 24 , 0817 64 666 16 , 021 34 28 1001 terima kasih sebelumnya pak..

  19. Eko said

    Gi mana kalau no xl aq ini.
    Hoki gak?

  20. Eko said

    Eko.
    081949046785
    Hoki gak.

  21. agri said

    klo nomor ini hoki ga pa 085720284299

  22. bobo ozborne said

    bos klu 81370774769 hoky pa ngga …????mohon balasannya

  23. Danang said

    Bagaimana dngn no hp saya 0818 363 888 dan 081 77 88 000 hoki yg mana bos, tq sebelumnya

  24. Genx said

    46 (4+6=0) itu nomor valentino rossi, gmn hayo . .0.

  25. Syamsudin said

    Nmr saya 08571115333 baik ap g?…

  26. yanto said

    Pak gmn kl nomer saya 081 333 908 096

  27. sandra said

    kl plat no polisi 2889 ? bagus kah?

  28. Soni Nurangga Dewa Kusuma said

    Pak saya inggin bertanya nomor 0856 2457 5758
    saya kenapa diburu (ingin dibeli) orang ya??? memang artinya apa saya bingung… mohon diartikan….

  29. Sudirman said

    Pak klau ini 085278787837 Bagus Da Atau Hoki ngga,,

  30. mhn informasinya klu no sy ini bgmn pak…081939833666..mhn balasannya

  31. haris said

    0858 60 888 168 itu arti’a apa ??

  32. haris said

    klw blkg’a kuartet 3 bgus gk ???

  33. holanius said

    Saya punya motor tiger tahun 2004 no plat nya.
    B.6789.kao.no plat nya bagus ga?soal nya sudah hampir 8 tahun saya pake motor nya mau di jual sayang sama no.plat nya mohon pencerahannya pak.thank’s

  34. namin said

    Bagaimana menurut bapak, plat nomor motor CB saya tahun 1973 dengan nomor B 3641 FHY

  35. muhammad syafril said

    pagi pak.kalau no saya ini apa arti nya ya 0812.8886.1983 & 021.98989.021..mohon penjelasannya

  36. kalo no ini baik or no
    083117733344

  37. Albert said

    NO KOMEN DEEH…..

  38. [...] [...]

  39. Ondos said

    kalo 085878966777 bagus gk?

  40. hamzah said

    kalo no sya gmna mas, bgus gk.. 085776667448

  41. riad said

    permisi mau tanya tanggal lahir saya 12-09-1980,setelah saya jumlah 12+09+80=101,apakah itu no hoki?..saya dapat cara ini dari ilusionis dedy cobudzer waktu tayang di tv … terima kasi h. .. mohon pencerahan’y

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 98 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: