HOKI DAN KESEHATAN

PALMISTRI, FISIOGNOMI, SHIO, GRAFOLOGI, ZODIAK, HOROSKOP, TAHI LALAT, FRENOLOGI, NUMEROLOGI, FENGSHUI, BAZI, ZIWEI, ASTROLOGI

Feng Shui: Warna dan Keberuntungan

Posted by Fisiognomi pada 17 April 2010

Masyarakat Tionghoa percaya, salah satu penyebab baik/buruknya pengaruh feng shui berasal dari warna. Merah dianggap warna terbaik karena mengingatkan hal-hal yang menyenangkan, kehangatan, dan sumber tenaga utama. Kemungkinan besar, hal ini berkaitan dengan warna darah yang mengalir dalam tubuh manusia.

Ketika warga Tionghoa merayakan perkawinan, maka warna merah tak pernah ketinggalan. Hadiah untuk anak-anak pada Tahun Baru Imlek, juga selalu dimasukkan ke dalam amplop merah yang disebut angpao. Pada peristiwa lain, ketika seorang bayi berulang tahun, maka orang tua bayi tersebut senantiasa memberikan telur merah kepada para sanak keluarga dan tetangga.

Sebaliknya, warna putih dianggap lambang kesedihan. Dalam tradisi masyarakat Tionghoa, bila orang tua meninggal, maka anggota keluarga dan anak-cucu harus mengenakan pakaian putih.

Dalam feng shui, merah adalah lambang api, sedangkan putih lambang logam. Berbeda dengan api yang hanya mempunyai satu tempat, logam berlokasi di dua tempat, yaitu barat dan barat laut.

Api dan logam merupakan dua dari lima elemen yang dikenal dalam feng shui, lengkap dengan arah mata angin yang dikuasainya dan warna yang diwakilinya. Ketiga elemen lainnya adalah tanah (arah: pusat, barat daya, timur laut, warna: kuning, coklat), kayu (timur, tenggara, hijau), dan air (utara, hitam).

Kelima elemen itu saling berinteraksi secara menguntungkan dan merugikan. Siklus menguntungkan berjalan dengan urutan kayu menghidupkan api, api mengeraskan tanah, tanah melahirkan logam, logam mengeluarkan air, dan air membesarkan kayu. Sementara siklus merugikan berjalan dalam pola kayu merusak tanah, tanah membendung air, air mematikan api, api melelehkan logam, dan logam membelah kayu.


Mitos

Penjabaran warna dalam feng shui secara sederhana dapat dilihat dari gambaran berikut. Karena merah melambangkan api dan mewakili arah selatan, maka feng shui tidak menolerir kalau dapur (diasosiasikan dengan kompor atau api) terletak di bagian selatan rumah atau ruangannya didominasi warna merah. Api yang terlalu banyak diyakini akan menyebabkan emosi penghuni rumah akan meningkat, bahkan menjurus ke arah yang sukar dikendalikan.

Warna dalam feng shui memang sulit dipisahkan dari falsafah Tiongkok kuno. Warna-warna lain yang dikenal berikut perlambangannya adalah hijau, dianggap mewakili ketenangan dan kesegaran. Hijau merupakan warna utama tanaman. Kuning adalah warna matahari, diyakini perlambang panjang umur. Dulu, banyak istana kerajaan di Tiongkok didekorasi dengan kain berwarna kuning emas karena dipandang melambangkan keanggunan atau kemuliaan.

Meskipun zaman sudah modern, ternyata sampai saat ini masih banyak masyarakat dunia yang memercayai mitos warna putih. Di AS, misalnya, ada seorang seniman yang memiliki rumah berwarna serba putih. Entah bagaimana, setelah itu banyak anggota keluarganya menderita sakit. Setelah seorang praktisi feng shui mengecek rumahnya, dia mengatakan, selain menandakan kematian, putih juga melambangkan kegagalan dan serangan penyakit. Kemudian sang praktisi menyarankan agar pintu rumah diganti warna merah. Ternyata setelah itu kehidupan sang seniman semakin membaik. Ironisnya, di belahan Barat yang dianggap warna kesedihan adalah hitam.

Kepercayaan serupa juga masih diikuti penduduk Hongkong. Sejak lama, banyak karyawan klinik gigi di sana selalu menolak pakaian seragam putih-putih. Mereka menggantinya dengan seragam hijau.

Di Indonesia warna putih justru masih mendominasi karena dianggap warna netral. Bahkan pernak-pernik rumah yang berwarna putih biasanya berharga lebih murah daripada warna-warna lainnya.

Seragam para perawat yang serba putih atau kamar tidur yang bernuansa putih, dianggap pencerahan jiwa. Dekorasi putih juga masih banyak digunakan para desainer interior, arsitek, termasuk praktisi feng shui.

Terlepas dari mitos atau tidak, pada sisi lain dipercaya warna tertentu adalah warna keberuntungan seseorang. Bahkan, warna merupakan salah satu sarana untuk menyeimbangkan energi chi. Misalnya begini, dari perhitungan feng shui diketahui bahwa yang bersangkutan memiliki kekurangan elemen logam. Maka agar bertambah elemen logamnya, salah satu cara adalah memberi warna putih pada kamar tidurnya.


Djulianto Susantio
Pemerhati Seni Oriental, di Jakarta

About these ads

14 Tanggapan to “Feng Shui: Warna dan Keberuntungan”

  1. UGE said

    warna apa yg cocok untuk rumah saya dan tempat usaha saya yang cepet menghasilkan rezeki, cepat bls

  2. syaeful gunawan hidayat said

    warna apa yg cocok buat tempat usaha warnet saya? soalnya sy mau ngecat tempat usaha saya …..thanks

  3. Agus said

    Saya ada 2 pertanyaan 1* saya mau buka kios pulsa ttpi saya ragu kios yg ku buka jauh dari jln raya saya takut ngak laku
    2*warna cat apa yg hoki buat warna lemarinya

  4. reni said

    kasian… ke 3 pertanyaan diatas tidak ada yg di jawab wkwkwkwkwkwk

  5. autospeed said

    makasih untuk pengertian warna fengshuinya udah saya pakai :)

  6. [...] Feng Shui: Warna dan Keberuntungan [...]

  7. safa said

    saya membuka usaha foto copi dan menggunakan warna hijau muda sebagai warna toko saya.
    bagaimana menurut anda apakah baik untuk keberuntungan usaha saya atau saya harus mengganti dengan warna yang lain.
    terima kasih

  8. restu said

    saya ingin buka usaha minuman untuk lokasi pinggir jalan,tepatnya jus buah.warna yang cocok untuk usaha saya ini kira2 ap ya????

  9. samiun said

    warna klo buat tempat esek2x….???warna ap yh>>>???

  10. npa warna hoky untuk saya mengecat vespa …

  11. fuck said

    warna apa yang cocok untuk toilet saya

  12. sumo bawok said

    untuk mendapatkan keberuntungan warna apa yg cocok untuk kemaluan saya ???????????

  13. yohasis said

    untuk menentukan jumlahnya gmn gan?

  14. sodara2 ku yang muslim
    apapun warnanya berdoa lah,minta sama allah dengan full yakin,agar usaha sodara2 ku lancar dan di beri rizki yang baik.
    warna untuk tempat usaha anda jadikanlah hiasan semata agar indah di pandang mata,yang penting peraduannya selaras.
    insya allah baik hasilnya :-)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 102 pengikut lainnya.