HOKI DAN KESEHATAN

PALMISTRI, FISIOGNOMI, SHIO, GRAFOLOGI, ZODIAK, HOROSKOP, TAHI LALAT, FRENOLOGI, NUMEROLOGI, FENGSHUI, BAZI, ZIWEI, ASTROLOGI

Deteksi Bakat lewat Sidik Jari

Posted by Fisiognomi pada 20 April 2010

Rabu, 24 Februari 2010 – Gen erat kaitannya dengan motif sidik jari yang diturunkan orang tua kepada anaknya. Motif sidik jari anak pasti akan sama dengan orang tua atau kakeknya.

Setiap anak memiliki keunikan, bakat, dan kelebihan masing-masing sejak dilahirkan ke dunia. Kebanyakan orang tua tentu saja ingin mengetahui potensi bawaan dan bakat terpendam anaknya agar mereka bisa menentukan metode pendidikan yang sesuai bagi sang anak.

Sering kali orang tua berusaha mencari tahu bakat terpendam anak dengan memantau kegiatan atau tingkah laku keseharian anak. Seorang anak yang cenderung menyukai musik, biasanya oleh orang tuanya dimasukkan ke sekolah musik untuk mengoptimalisasi bakatnya. Begitu pula halnya apabila sang anak terlihat gemar bermain sepak bola, biasanya orang tua mengarahkan sang anak untuk mengikuti latihan di sebuah klub sepak bola.

Lantas, bagaimana halnya jika orang tua tidak bisa mengetahui kegiatan yang paling disukai anak-anak mereka? Solusi yang dipilih biasanya ialah cara acak, memasukkan anak-anak ke kursus beberapa bidang, seperti seni, musik, atau olah raga. Dengan cara tersebut, orang tua berharap dapat mengetahui bidang apa yang paling dikuasai dan digemari sang anak.

Setelah itu, anak pun diarahkan untuk menekuni bidang tersebut. Selain mengamati aktivitas dan perilaku anak di rumah untuk mengenali bakat dan potensi anak, umumnya orang tua memperhatikan aktivitas belajar anak di sekolah. Apabila sang anak memiliki prestasi yang cukup menonjol pada salah satu bidang, biasanya orang tua berspekulasi menyimpulkan bahwa sang anak memang berbakat di bidang tersebut.

Sebagian orang tua ada pula yang rela mengucurkan dana untuk meminta bantuan psikolog atau lembaga psikologi untuk mengetahui kompetensi yang dimiliki anak mereka. Biasanya psikolog akan mengajukan serangkaian tes psikologi (psikotes) pada anak. Untuk memastikan ketepatan hasil psikotes tersebut, anak pun akan diwawancarai. Selanjutnya hasil dari kedua metode tersebut, yakni psikotes dan wawancara, dianalisis.

Hasil analisis tersebut bisa menjadi rujukan bagi orang tua mengenai bakat atau kompetensi yang dimiliki anak. Beberapa metode penentuan potensi bawaan dan bakat anak di atas tersebut sudah umum digunakan selama ini. Sekarang ini, ditemukan metode terbaru yang terbilang lebih praktis dan akurat, yakni dengan memindai 10 jari manusia. Metode tersebut dikenal dengan teknologi dermatoglyphics.

Menurut Jason Teo, Chief Operating Offi cer (COO) Brain Child Learning (BCL), teknologi dermatoglyphics dapat dipakai untuk membuktikan seberapa besar kapasitas yang dimiliki anak sejak lahir, mengetahui potensi bawaan, serta bakat terpendam anak. Teknologi tersebut, lanjut Jason, mulanya dikembangkan di Harvard University, Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat (AS).

Selanjutnya BCL mengembangkan teknologi dermatoglyphics selama 15 tahun untuk disesuaikan dengan kebutuhan tes bagi anak-anak di Asia. Dilihat dari cara kerjanya, teknologi yang berupa perangkat lunak itu menghitung jumlah garis dalam sidik jari manusia. Setelah itu, software akan mengukur derajat antara pertemuan garis dan pusat pada motif garis di jari.

Seusai pengukuran, perangkat lunak tersebut akan menganalisis karakter seseorang berdasarkan jenis sidik jari. Secara umum, jenis sidik jari manusia ada empat macam, yaitu whorl (W), ulnar loop (U), radial loop (R), dan arch (A). Orang dengan jenis sidik jari whorl biasanya memiliki karakter independen, kompetitif, keras kepala, dan proaktif. Karakter orang yang memiliki jenis sidik jari ulnar loop biasanya emosional, memiliki kemampuan adaptasi yang cepat, serta mudah berinteraksi. Orang yang memiliki jenis sidik jari radial loop biasanya cenderung egois dan memiliki pemikiran terbalik.

Adapun karakter orang yang memiliki jenis sidik jari arch cenderung praktis, realistis, efi sien, tetapi konservatif. Kombinasi Amerika-Asia Jason mengatakan perangkat lunak dermatoglyphics tersebut dapat mengenali karakter seseorang sesuai dengan data base yang sebelumnya memang sudah dimasukkan saat pemprograman. Basis data itu dibangun berdasarkan data statistik, ilmu dermatoglyphics, dan ilmu genetik. Data statistik perangkat lunak dermatoglyphics itu berasal dari sidik jari 3 juta orang. Sampel tersebut merupakan kombinasi dari masyarakat Amerika dan Asia.

Dengan demikian, sampel telah mewakili orang-orang dari belahan dunia Barat dan Timur. Pemprograman data base perangkat lunak dermatoglyphics juga bersumber dari perkembangan ilmu dermatoglyphics, yaitu studi yang mempelajari sifat alamiah sidik jari. Dari hasil penelitian para ilmuwan di bidang dermatoglyphics, diketahui bahwa setiap individu di dunia memiliki sidik jari yang berbeda-beda.

Karakter sidik jari manusia juga ternyata berhubungan erat dengan bagian fungsi otak. “Ibu jari memiliki jalinan ke otak depan. Motif garis ibu jari itu bisa menunjukkan karakter seseorang,” kata Jason. Telunjuk memiliki hubungan dengan otak depan yang posisinya lebih atas. Motif garis telunjuk tersebut dapat menunjukkan pemikiran logis dan kreativitas seseorang.

Jari tengah memiliki keterkaitan dengan otak bagian atas. Motif jari tengah itu dapat menunjukkan kontrol pergerakan minor dan mayor seseorang. Adapun jari manis memiliki jalinan dengan otak yang berada di belakang telinga. Motif jari manis itu kerap dikaitkan dengan kontrol pendengaran. Sedangkan jari kelingking memiliki hubungan dengan otak belakang. Motif jari kelingking itu dapat menunjukkan tingkat konsentrasi maupun penglihatan seseorang.

Jari-jari tangan sebelah kanan seseorang, kata Jason, mewakili fungsi otak sebelah kiri. Otak kiri berfungsi untuk melihat perbedaan angka, urutan, tulisan, bahasa, hitungan, dan logika. Sedangkan jari-jari tangan sebelah kiri seseorang mewakili fungsi otak sebelah kanan. Otak kanan berfungsi untuk melihat persamaan, khayalan, kreativitas, bentuk ruang, emosi, musik, dan warna.

Data base perangkat lunak dermatoglyphics diprogram berdasarkan ilmu genetika. Umum diketahui, gen merupakan unit dasar dalam kehidupan manusia. Gen bertindak seperti kode kehidupan manusia yang menerima dan menyampaikan pesan-pesan turun-temurun dari satu generasi ke generasi berikutnya. “Gen erat kaitannya dengan motif sidik jari yang diturunkan orang tua kepada anaknya. Motif sidik jari anak pasti akan sama dengan orang tua atau kakeknya,” ujar Jason.

Secara medis, motif sidik jari manusia terbentuk sempurna pada minggu ke-13 ketika janin mulai berkembang. Jason menambahkan dengan data base yang lengkap, otomatis perangkat lunak dermatoglyphics dapat mengetahui karakter sidik jari manusia yang berbeda-beda secara spesifi k dan akurat. “Alhasil, teknologi itu dapat membaca kelebihan juga kekurangan anak serta solusinya dengan tingkat akurasi mencapai 95 persen,” klaim Jason. Sayangnya, teknologi itu hanya efektif untuk mengetahui kompetensi anak pada usia 5 hingga 15 tahun.

Rentang usia tersebut merupakan masa perkembangan saraf-saraf otak manusia. Pada masa-masa itu pula segala potensi anak masih berpeluang dikembangkan. Sedangkan saat usia anak mencapai lebih dari 15 tahun, pembentukan karakter lebih sulit karena anak sudah memiliki pemikiran matang.

(koran-jakarta.com)

About these ads

10 Tanggapan to “Deteksi Bakat lewat Sidik Jari”

  1. aries said

    dari paparan diatas, ada tidak software pendeteksi bakat melalui sidik jari tersebut. Kalau ada saya minta tolong kirimkan ke alamat email saya . Terima kasih.

    • Fisiognomi said

      tidak ada software demikian yg free download. mungkin harga softwarenya mahal karena biaya utk sekali konsultasi saja mencapai Rp 1 juta hingga Rp 2,5 juta.

  2. topan said

    tapi ane boleh tau nama programnye ape yeeeee. thx

  3. NN said

    bagaimana cara sederhana utk melihat sidik jari dgn cara sederhana?karna dirumah saya ada malaing yg aneh.rutin.saya mw cr tw bgmna cranya menemukan sidik jari dn cara yg mudah/manual..saya curiga dgn org dalam..

  4. afifah said

    bagaimana cara untuk melihat potensi saya dari sidik ajari,saya ingin tahu apa bakat saya>.
    terima kasih……

  5. [...] Deteksi Bakat lewat Sidik Jari [...]

  6. Andri H said

    Minta alamat konsultasi untuk wilayah Bandung dan Cirebon dimana ya.. ?

  7. Ati Arsad said

    Utk tes bakat melalui sidik jari biaya nya berapa? Dan utk anak autis apa bisa? Tolong informasinya. Mksh….

  8. LINO da costa said

    8.tolong kirimkan skripsi saya dengan judul wewenang kepolisiaan untuk melakukan tindakan pengambilan sidik kaki dalam rangka proses
    penyidikan perkara tindak pidana pencurian dengan kekerasan, biayanya berapa dan kalau komlit skripsi ini saya uangnya saya melalui rekenin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 98 pengikut lainnya.