HOKI DAN KESEHATAN

PALMISTRI, FISIOGNOMI, SHIO, GRAFOLOGI, ZODIAK, HOROSKOP, TAHI LALAT, FRENOLOGI, NUMEROLOGI, FENGSHUI, BAZI, ZIWEI, ASTROLOGI

Feng Shui Untuk Dapur Rumah Anda

Posted by Fisiognomi pada 22 Mei 2010

Menurut Feng shui, dapur memiliki peranan penting dalam kehidupan keluarga yang identik dengan sebuah kesuksesan.

Untuk membuat dapur Anda sesuai feng shui dan membawa keberuntungan, ikuti tips berikut yang dapat Anda aplikasikan dengan mudah.

Posisi dapur
Idealnya, posisi dapur berada di belakang rumah. Menurut feng shui bila posisi dapur tidak tepat, penghuninya dipercaya mendapatkan masalah pencernaan dan gizi. Bila dapur berada di depan rumah, diumpamakan keluarga hanya sibuk dengan urusan makanan dan makan banyak, yang identik dengan penghuninya akan kelebihan berat badan. Hal penting lainnya, menurut feng shui dapur tidak boleh dekat pintu utama karen energi positif akan cepat hilang.

Kekayaan
Menurut orang cina makanan adalah kekayaan. Hal ini diumpamakan bahwa bila mendapatkan gizi yang cukup berarti dapat bekerja lebih efektif dan sukses, sehingga akan mendapatkan rejeki dan kekayaan yang berlimpah.

Vas bunga & wadah buah
Dua benda ini dapat mendatangkan energi positif. Sebaiknya, letakkan buah apel atau jeruk pada wadah di tengah dapur atau mengarah ke arah mata angin tenggara.

Kompor
Penempatan kompor menurut feng shui sangat penting. Letakkan kompor berhadapan dengan pintu, jadi saat masuk ke dalam dapur, kompor langsung terlihat. Hindari kompor yang menghadap dinding atau diletakkan di sudut dapur, karena diartikan sebagai penghalang energi yang masuk. Namun hal ini bisa diatasi dengan meletakkan cermin di atas kompor.

Api dan air
Prinsip lain dari feng shui adalah unsur api harus dipisahkan dari elemen air. Cobalah meletakkan kompor, lemari es dan bak cuci piring dengan bentuk segitiga. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah konflik antara air dan api yang artinya menghindari kesalahpahaman dan perselisihan antara anggota keluarga. Anda dapat leletakkan vas bunga diantara kompor dan lemari es jika jaraknya berdekatan.

Kebersihan
Jagalah dapur tetap bersih dari barang-barang lain yang tidak berguna di dapur. Simpan peralatan dapur di dalam lemari dan laci, jangan biarkan alat-alat pemotong yang tajam seperti pisau dan gunting berserakkan di dapur. Menurut feng shui, hal ini berarti Anda memotong energi positif yang masuk ke dalam rumah.

Cat dinding
Menurut feng shui warna-warna hangat menjadi pilihan terbaik untuk dapur. Warna kuning merupakan ide yang bagus untuk dapur karena diartikan juga baik untuk pencernaan

(wolipop.com)

About these ads

13 Tanggapan to “Feng Shui Untuk Dapur Rumah Anda”

  1. Devi said

    Selamat Pagi pak,

    Bagaimana kalau dapur diletakkan di depan sebelah ruang tamu…tapi ada sekat tembok sebagai pembatas (seperti posisi kamar depan kita ganti dengan dapur)

    • Fisiognomi said

      Menurut kepercayaan feng shui, dapur tidak bagus kalo berada di depan. Sebaiknya berada dekat ruang makan. Kalopun terpaksa di depan, jangan keliatan oleh tamu. Bau masakanpun jangan tercium oleh tamu. Susahnya memang kalo rumah kecil dan anggaran terbatas. Letak dapurpun harus berada dalam sektor buruk.

  2. Mohamad Maarif said

    Rumahku bersebelahan dengan ortu. ukuran panjang 12m lebar 4.60m, kamar 1 ukura 3×3,30m, Disebelah kiri rumah ortu. Pintu ke ortu tembus ke dapurku, bagaimana ini. Selain tempat sempit juga anggaran. Katanya pintu tembus rumah ortu yang letaknya sebelah kiri nggak boleh. Bagaimana menyiasatinya? Trima kasih.

  3. wita said

    saya mau tanya..kalau dapur sebelahan dengan kamar mandi dan kamar tidur boleh tidak? kemudian saya juga ada dapur yang bersebelahan dengan kolam ikan…kolam letak di rumah paling belakang di arah barat..bagaimana feng shuinya?bagaimana mengatasinya?terima kasih

    • Fisiognomi said

      Menurut literatur dapur sebaiknya tidak bersebelahan dgn km mandi dan km tidur. Untuk mengatasinya kasih lembaran triplek (diibaratkan penyekat) atau kepala jangan menempel dinding dapur.

  4. mellissa said

    selama 1 thn ini g punya masalah dengan pencernaan apakah karena posisi dapur juga, padahal sebelumnya ga pernah masalah pencernaan. Mohon bantuannya, soalnya ud ke dokter tapi ga ad perkembangan. kira2 apa yang salah ya?

    • Fisiognomi said

      apakah dapur letaknya bersebelahan dengan kamar mandi, cuci piring, atau kamar tidur? hal ini menurut feng shui kurang bagus.

  5. dewi said

    sy mau tanya????? dapur sy ber berseblahan dengan kmr tidur jaraknya dkt bgan ruang tamu gmna menurut feng shui bgus atau gk klu memang gk bagus gmna cranya agar energi positif bsa masuk ke rmh sy apa lgi sy masih keluarga baru tolong bantuannya thanks…

  6. ratu yanti ismirawati said

    seperti rumah BTN pada umumnya, rumah saya kecil, dengan bagian kanan ada 2 kamar tidur, diantara kamar tidur ada kamar mandi. di bagian kiri ruang tamu + ruang tengah dan dapur, diantara ruang tengah dan dapur dikasih sekat tembok + pintu, rencananya kl suatu saat nanti saya bikin dapur sy ingin dapurnya terbuka dan memakai cat warna merah. pas g y rencana saya menurut fengsui?

  7. Amy said

    Posisi rmh memanjang keblakang,jadi di dari depan posisinya adalh ruang tamu,wc,dapur,ruang tamu d batasi tembok,wc sama dapur tdk ada pembatas berhadapan tpi agak jauh jaraknya

  8. lila subagia said

    Saya tinggal di perumahan.posisi jendela di kmr ke 2(kmr suami istri) di ruang mkn dan dapur….krn dinding kiri sdh dinding rmh tetangga, dinding kanan ke ruang kel dan dinding dpn kmr sdh dinding km/wc….menurut fengshui….?tx b4

  9. evi said

    dapur sy brsebelahan dg kmr mandi. Arah hadap kompor membelakangi pintu kmr mndi,tp pas buka pintu kmr mndi tdk satu arah langsung dg letak kompor. Zinc dapur terpisah dari meja kompor(bentuk L).gmna menyiasatinya,krn bersebelahan itu?

  10. Anita said

    Terimakasih informasinya…saya hanya berfikir secara loginya saja, tidak percaya fengshui semacam itu….jika masuk akal memang saya ikuti

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 101 pengikut lainnya.