HOKI DAN KESEHATAN

PALMISTRI, FISIOGNOMI, SHIO, GRAFOLOGI, ZODIAK, HOROSKOP, TAHI LALAT, FRENOLOGI, NUMEROLOGI, FENGSHUI, BAZI, ZIWEI, ASTROLOGI

Terapi Akupresur Sederhana: Tinggi Badan

Posted by Fisiognomi pada 18 Agustus 2011

KIRI: Titik Baihui KANAN: Titik Yongquan. (INTERNET)

epochtimes.co.id, Minggu, 24 Juli 2011 – Pepatah Tiongkok kuno menyebutkan: “Dikatakan naga karena dapat terbang, dikatakan ular karena melata.” Pepatah ini merujuk pada seorang gadis berusia 22 tahun yang hendak melamar pekerjaan menjadi pramugari. Perusahaan mensyaratkan tinggi badan minimal 160 cm. Sedangkan tingginya hanya 159,5 cm. Seringkali dia merengek ingin menambah tinggi badan, walaupun hanya 0,5 cm. Saya katakan, itu upaya yang sia-sia karena dia telah melewati masa pertumbuhan.

Namun Anda jangan lantas berputus asa. Menurut teori kedokteran barat, tubuh tidak dapat bertambah tinggi setelah masa pertumbuhan terlewati. Namun ilmu kedokteran Tiongkok beranggapan ginjal menguasai tulang, fungsi dan pertumbuhan tulang ditentukan oleh kualitas saripati Qi (energi) dari ginjal. Sari ginjal menyerupai hormon pertumbuhan kelenjar dari bawah otak yang merangsang pertumbuhan tulang dan berkaitan dengan kelenjar gondok serta Kortikotropin. Satu uji klinis pernah menemukan seorang pria berusia 30 tahun sepulang dari dinas militer tinggi badan bertambah 5 cm.

Contoh lain, seorang gadis usia 21 tahun melakukan pengobatan karena sirklus haid tidak teratur, ia diberi resep yang didominasi penguatan ginjal. Dalam 1 tahun ternyata dia bertambah tinggi 3 cm. Belum diketahui bagaimana penjelasannya. Hal ini menunjukkan jika manusia belum mampu sepenuhnya menguasai fungsi fisiologis tubuhnya sendiri.

Pada umumnya setelah haid pertama, peluang tumbuh bagi perempuan menurun setiap tahunnya. Setelah tahun ke-3 nyaris tidak tumbuh lagi. Sebaliknya bagi laki-laki, jika Qi ginjal cukup kuat, pertumbuhan akan terus berlanjut hingga SMA. Pra haid bagi perempuan kira-kira di kelas 5, sedangkan bagi laki-laki sekitar kelas 6. Kira-kira di masa pertumbuhan atau sebelum masa puber. Apabila tinggi badan di bawah rata-rata tinggi anak kelompok umurnya, maka orang tua perlu memperhatikan masalah tinggi badan anak. Jika ditangani setelah “dewasa” sudah terlambat.

Sebelum masa puber fokus pada perbaikan dan pemeliharaan fungsi tubuh. Praktek membuktikan, umumnya tinggi badan anak bisa melebihi tinggi badan orang tua, jadi telah mendobrak garis pertumbuhan genetis. Jika seseorang memiliki jari-jari tangan dan kaki sangat pendek, proporsi perbandingan kaki dan paha, cenderung lebih pendek kaki, orang dengan tipe semacam ini umumnya pertumbuhannya sangat terbatas, hanya bisa tumbuh pendek tapi gesit.

Jika ingin tumbuh lebih tinggi, sebaiknya kurangi konsumsi jenis es, karena makanan jenis es dapat menghambat mekanisme pertumbuhan dan menghambat kelancaran peredaran meridian (sistem saluran energi dalam ilmu akupunktur). Disamping itu, jangan tidur terlalu malam. Malam hari merupakan peluang paling bagus untuk pertumbuhan badan. Titik-titik “menyundul langit menjejak bumi” yakni “titik Baihui” di ubun-ubun dan “titik Yongquan” di telapak kaki harus ditekan-pijat bersamaan, dikombinasikan skipping (loncat tali) 200 kali atau melempar bola basket 200 kali setiap hari, juga gizi perlu lebih ditingkatkan.

Letak titik Baihui, di atas garis antara kedua puncak daun telinga, di pertemuan dengan garis yang ditarik dari hidung hingga ketulang punggung. Pergunakan ujung runcing dari kepalan untuk mengetuk titik tersebut.

Titik Yongquan, terletak di pusat telapak kaki, tekuklah jari-jari kaki ke arah dalam, maka di tengah telapak kaki akan terbentuk cekungan, kira-kira antara tulang jari ke 2 dan ke 3. Satu tangan mengetuk titik Baihui, tangan lainnya menekan dan menggosok titik Yongquan. Selanjutnya kaki lainnya. Selain dapat menambah tumbuh tinggi sekaligus bisa menambah daya ingat dan membuka kecerdasan. (Wen Pinrong/The Epoch Times/whs)

Penulis adalah direktur klinik kedokteran tradisional Tiongkok Minghui

Satu Tanggapan to “Terapi Akupresur Sederhana: Tinggi Badan”

  1. ela said

    artikel nya menarik, kebetulan saya berminat menambah tinggi badan, sementara saya sudah tidak berada pada usia masa pertumbuhan (lebih dari 25 thn).Apakah klinik kedokteran tradisional Tiongkok Minghui ini ada di Indonesia ? Boleh tahu alamat pasti dan contact person yang bisa saya hubungi ? Trims.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s