HOKI DAN KESEHATAN

PALMISTRI, FISIOGNOMI, SHIO, GRAFOLOGI, ZODIAK, HOROSKOP, TAHI LALAT, FRENOLOGI, NUMEROLOGI, FENGSHUI, BAZI, ZIWEI, ASTROLOGI

Metode Kuno Membantu Cepat Tidur

Posted by Fisiognomi pada 20 Februari 2012

KIRI KE KANAN: Titik Taichong, San Yin Jao, Baihui. (SECRET CHINA.COM)

epochtimes.co.id, Jumat, 17 Febuari 2012 – Dalam kehidupan sehari-hari, banyak cara untuk mengatasi gangguan tidur. Anda pasti sering mendengar atau mencoba beberapa metode yang dapat membantu Anda saat mengalami kesulitan tidur di malam hari.

Berikut beberapa metode efektif yang telah banyak membantu. Mungkin Anda perlu mencobanya. Mudah-mudahan salah satunya bermanfaat bagi Anda.

1. Lakukan langkah-langkah ini sebelum tidur: kepalkan tangan, kemudian perlahan lepaskan. Lantas kibas-kibaskan tangan Anda. Ulangi langkah-langkah tersebut beberapa kali. Rilekskan pikiran Anda, kemudian pergilah tidur. Anda akan mudah tertidur.

2. Gosok dan tarik jari-jemari Anda satu per satu menggunakan dua jari dari tangan yang lain sampai jari-jari terasa relatif hangat. Kemudian ganti pada jari lainnya. Hal ini dapat menstabilkan emosi dan sedikit berefek hipnotis agar Anda tertidur.

3. Rendam kaki sebelum tidur dengan air hangat selama sepuluh menit untuk memperlancar aliran darah agar Anda lebih mudah tertidur.

4. Bebaskan segala beban pikiran yang mengganggu dan berdoalah dengan tulus atau menghitung angka.

5. Sebelum tidur, berbaring pada lantai yang keras (misalnya, kayu, ubin, dll) dengan balok yang tidak terlalu empuk (atau buku-buku tebal) sebagai bantal. Tenangkan diri Anda, tutup mata Anda dan ambil napas dalam-dalam secara perlahan selama lima menit atau lebih. Kemudian berbaring melentang di tempat tidur dan lanjutkan dengan mata tertutup, ambil napas dalam-dalam, dan relaksasi. Ketika Anda berada dalam kondisi tenang, ubah posisi tidur nyaman yang biasa Anda lakukan. Anda akan tertidur dengan segera.

6. Minum segelas jus apel bersama satu sendok teh madu sebelum tidur.

7. Minum secangkir air hangat dengan satu sendok makan cuka sebelum tidur.

8. Minum segelas susu sebelum tidur.

9. Minum segelas air yang manis sebelum tidur. Hal ini untuk menaikkan sejumlah besar serotonin (bahan kimia yang ditemukan di dalam darah yang menyebabkan pembuluh darah mengerut dan memendek) yang dapat menghasilkan rasa kantuk.

10. Untuk menangani insomnia (kesulitan tidur), sangat efektif jika memijat tiga titik akupunktur berikut:

i) Titik “hipnotis” (sekitar 12,5 cm atau 5 inci di atas pergelangan kaki bagian dalam, sepanjang batas tibia atau tulang kering); pijat 1 – 2 menit pada masing-masing sisinya.

ii) titik “pembuka musim semi “ (titik tengah antara pergelangan kaki bagian dalam dan tumit); pijat 1 – 2 menit setiap sisinya.

iii) Titik “insomnia” (bagian dalam pusat tumit); tekan 100 kali setiap sisi dengan pemukul kesehatan dari kayu (berbentuk seperti palu kecil berbahan kayu).

Titik Neiguan dan Shenmen. (SECRET CHINA.COM)

11. Pijat titik akupunktur di tangan Anda. Untuk mengatasi masalah sulit tidur, pijat dua titik pada tangan Anda bisa menjadi efektif: i) “Chungchung” di jari tengah, ii) “neikuan” pada posisi lengan bawah, di bawah pergelangan tangan. Selain itu, pijat titik “tiga mil” pada lengan bawah juga sangat membantu. Pijat dengan lembut setiap titik sebelum tidur.

12. Pijat masing-masing titik akupunktur berikut 36 kali (9 pijatan sebanyak 4 kali, berhenti sejenak setelah satu sesi diselesaikan):

i) Kepala: Baihui (atas kepala)

ii) Tangan (kiri dan kanan): Shenmen, Neikuan

iii) Kaki (kiri dan kanan): Taichong, Sanyinjiao dan titik “3-mil” pada kaki. (Secret China / feb)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: